Keamanan Jaringan 1 (Konsep-konsep keamanan jaringan)

Berikut akan saya jelaskan beberapa istilah-istilah yang umum anda temui saat berbicara tentang keamanan jaringan (Security Networking)

1. Confidentiality (Kerahasiaan Data) adalah layanan keamanan jaringan yang memproteksi data tertranmisi terhadap pengungkapan oleh pihak yang tidak berwenang.

2. Integrity(Keutuhan Data) adalah Layanan keamanan jaringan yang memastikan bahwa data yang diterima oleh penerima adalah benar-benar sama dengan data yang dikirim oleh pengirim.

3. Availability (Ketersediaan) adalah Layanan sistem yang membuat sumber daya sistem tetap dapat diakses dan digunakan ketika ada permintaan dari pihak yang berwenang. Serangan terhadap sistem seperti denial of services membuat sistem tidak dapat diakses oleh pihak yang berwenang.

4. Non-repudiation adalah layanan keamanan jaringan yang menghindari penolakan atas penerimaan/pengiriman data yang telah dikirim.

5. Authentication (Layanan otentikasi) adalah Layanan berhubungan dengan metoda untuk menyatakan bahwa informasi betul-betul asli, orang yang mengakses atau memberikan informasi adalah betul-betul orang yang dimaksud, atau server yang kita hubungi adalah betul-betul server yang asli.
Pada aspek ini sendiri terdapat 2 layanan dalam pengerjaannya :

  • Layanan pertama disebut dengan otentikasi entitas (entity autentication) yaitu layanan keamanan jaringan yang memberikan kepastian terhadap identitas sebuah entitas yang terlibat dalam komunikasi data.
  • Layanan kedua disebut dengan otentikasi keaslian data (data origin autentication) yaitu layanan keamanan jaringan yang memberikan kepastian terhadap sumber sebuah data.

6. Access Control (Kendali Akses) adalah Layanan keamanan jaringan yang menghalangi penggunaan tidak terotorisasi terhadap sumber daya. Pada aplikasi jaringan biasanya kebijakan kemampuan (baca, modifikasi, tulis dan eksekusi sebuah data/layanan sistem) ditentukan oleh jenis pengguna. Misalnya saja sebuah data rekam medik elektronik hanya dapat diakses oleh pasien dan paramedis yang terlibat.

7. Accountability adalah Layanan keamanan jaringan dimana setiap kegiatan user di dalam jaringan akan direkam (logged). User tidak akan mencoba-coba  untuk melanggar kebijakan keamanan karena identitas dan segala kegiatannya dapat dikenali sehingga mereka dapat dituntut  secara hukum.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s